Cara Mengatasi Kapasitas Hosting Penuh

Cara Mengatasi Kapasitas Hosting Penuh

Cara Mengatasi Kapasitas Hosting Penuh yang Mudah Sekali Dilakukan

Pernahkah webmail kamu tiba-tiba tidak bisa dibuka? Sehingga kamu tidak dapat mengirimkan atau menerima email. Atau pernahkah website kamu error dan tidak dapat diakses? Kemungkinan kapasitas hosting kamu penuh. Lalu apa yang harus dilakukan Kamu bisa ikuti cara mengatasi kapasitas hosting penuh berikut ini.

Cara Cek Kapasitas Hosting Penuh

Untuk melihat kapasitas hosting, anda harus login cpanel hosting terlebih dahulu. Akan ada disk usage pada bagian kanan yang merupakan kapasitas hosting yang anda miliki.

Ada 3 identitas warna :

Hijau : kapasitas hosting masih banyak. Kamu aman jika ingin melakukan upload file website
Kuning: kapasitas hosting mendekati penuh. Harap berhati-hati.
Merah: kapasitas hosting sudah penuh. Hapus file-file yang tidak diperlukan atau segera lakukan upgrade hosting ke paket yang lebih besar.
Misalnya pada bagian  bertuliskan:
Artinya, kapasitas hosting kamu berukuran 3.02 GB dari 5 GB. Sekitar 60.45% hosting telah digunakan. Untuk melakukan pengecekan kapasitas hosting bisa ikuti Cara Melihat Kapasitas Hosting. Kamu juga bisa mengetahui file atau folder apa saja yang menyebabkan kapasitas hosting bertambah.

Cara Mengatasi Kapastitas Hosting Penuh 

Cara mengatasi kapasitas hosting yang paling ampuh adalah menghapus beberapa file yang kurang penting. Bagaimana cara mengetahui file-file apa saja yang membuat hosting kamu penuh? Di cPanel Hosting terdapat Menu CpCleaner yang bisa kamu gunakan. Menu ini berfungsi untuk melakukan scanning terhadap beberapa yang dianggap “kurang penting” oleh sistem. Biasanya file-file tersebut berupa error_log, file .trash atau beberapa file zip. Nah, berikut ini cara mengatasi kapasitas hosting yang bisa kamu lakukan:

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

2. Memilih Menu CpCleaner

Setelah berhasil login cPanel, maka anda akan diarahkan ke ke dashboard cPanel Hosting. Terdapat beberapa menu yang bisa anda pilih. Pada form pencarian silahkan tulis “cpcleaner”. Kemudian klik Menu cpcleaner tersebut.

3. Melakukan Scanning File

Setelah memilih Menu CpCleaner, sistem akan melakukan scanning file error_log, *.zip, *.tar, *.tar.gz serta folder /tmp, /.trash. Silakan klik start new scan.

4. Menghapus File di Hosting

Sekarang kamu bisa menghapus beberapa file yang menjadi penyebab kapasitas hosting habis. Kami sarankan untuk memberikan tanda centang dan menghapus file eror log dan folder trash.

Jika sudah, silakan klik clean files

Pastikan kamu cek terlebih dahulu file-file tersebut. Tunggu hingga muncul tulisan “After cleaning the files you will not have the possibility to recover! Are you sure you want to continue?” artinya file-file tersebut tidak dapat dikembalikan setelah proses penghapusan berlangsung. Jika yakin ingin menghapus, silakan klik OK.

Tunggu sebentar hingga proses cleaning file selesai. Jika muncul seperti gambar dibawah ini, maka proses cleaning file berhasil. Sekarang coba cek kapasitas hosting kamu. Sudah lega kan

Share:

Author: jordan smith