Pengertian Hosting dan Fungsinya

Pengertian Hosting dan Fungsinya

Pengertian Hosting dan Fungsinya yang Bisa Anda Ketahui

Sebuah webstite sangat memerlukan sebuh domain dan hostingan yang sangat berperan penting didalamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian hosting dan fungsinya. Kali ini saya akan mengakan kalian untuk mengerti sedikit mengenai hostingan dan fungsinya untuk website dan aplikasi.

Hostingan atau sering juga disebut dengan webhosting merupakan sebuah infrastruktur yang digunakan untuk menyimpan data dari webstite atau aplikasi, sehingga bisa diakses menggunakan internet. Singkatnya jika Smartpohone teman-teman membutuhkan kartu memori untuk menyimpan data seperti gambar, file, dan lainnya. Nah, fungsi hostingan mempunyai peran yang sama seperti kartu memori yang digunakan pada smartphone.

Hostingan sendiri mempunyai kapasitas yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan suatu website atau aplikasi. Misalnya Hostingan digunakan oleh website universitas untuk menyimpan data para mahasiswa, atau bisa juga menyimpan informasi seperti gambar, artikel, file dokumen dan lainnya di database yang ada pada hostingan.

Secara sederhananya hostingan merupakan rumah dari suatu website yang dimana didalamnya tersimpan banyak sekali properti (data) yang ada pada rumah tersebut. Untuk hostingan sendiri ditawarkan bermacam-macam dengan kebutuhannya sendiri, ada yang gratisan ada juga yang berbayar. Tentu masing-masing mempunyai keunggulannya tersendiri.

Fungsi Hosting

Sebelum melakukan hosting, sebaiknya kamu memahami fungsi-fungsinya terlebih dahulu, sehingga bisa memaksimalkan hosting sesuai kebutuhan. Berikut beberapa fungsi dari hosting yang wajib diketahui :

  • Tempat Penyimpanan Data

Fungsi utama dari sebuah web hosting yaitu sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online, sehingga bisa diakses oleh orang banyak dengan jaringan internet. Hosting dapat dikatakan sebagai sebuah perpustakaan dan website sebagai buku-bukunya, sehingga banyak orang yang bisa melihat atau membaca buku tersebut. Jadi pemilik website bisa memberikan informasi sesuai kebutuhan user.

  • Alamat Akses atau Link Website

Hosting juga berfungsi sebagai redireksi dari sebuah DNS. Contohnya ada sebuah situs 101.com, situs ini sudah teregistrasi dalam sebuah DNS. Ketika ada seseorang ingin mengakses situs tersebut, maka server akan mengakses link hosting yang digunakan dalam hosting.

Jadi biarpun website atau situs kamu sudah terdaftar dalam DNS tetapi tidak dimasukkan dalam web hosting, website tersebut tidak akan bisa di akses oleh orang lain. Bahkan bisa memunculkan keterangan error saat ada orang ingin mengaksesnya.

Demikianlah sedikit penjelasan dari saya tentang Pengertian Hosting dan Fungsinya yang bisa anda pelajari. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.
Share:

Author: jordan smith